Kamis, 26 Februari 2009

Raga Art Shop alias Bengkel Perkusi

Dan akhirnya,hari ini jadilah 2 buah taiko baru pesenan yohan 2 minggu yang lalu. (foto menyusul... lg susah upload foto... posting ini wae buatnya lewat e-mail... +_+)

Oke, sebelumnya perkenalkan. Alat musik ini namanya Taiko. Mirip bedug jawa. Bedanya taiko itu bentuknya macem-macem, ada yang gedhe, kecil, panjang, lempeng, ada yang digantung, dicangking, digendhong, ditumpaki halah.... Cara memainkan taiko itu: selalu dipukul dengan stick yang dalam bahasa Jepang disebut: BACHI.

Si kembar yang baru lahir ini nama resminya Nagadou-daiko, tapi sejak ikutan belajar di kokunbunjidaiko pas di Jepang dulu, aku lebih sering nyebut taiko yang modelnya kayak gini dengan nama: MIYA.

Karena untuk impor dari Jepang mahal banget, dan dana grup ansambel ku tuh pas-pasan banget, akhirnya sepakatlah kita untuk eksperimen buat taiko sendiri di Solo. Yang memenangkan tender proyek kali ini –cie, proyek...- bukan lagi Mas Hendrawan dari Zukhruf yang dulu udah buatin oodaiko nya fujiyama taiko, tapi Mas Galih Temperente yang punya Bengkel Perkusi bernama Raga Artshop.

Alasan terpilihnya si master jembe ini karena: 1. aku kenal cukup lama ma orangnya, dan 2. karena harga yang ditawarkan murah. Untuk si kembar miya yang berdiameter 45 cm ini kita merogoh kocek gag sampai 4 juta. Suaranya pun udah lumayan banget untuk taiko buatan Indonesia.

Kulit sapi yang dipakai lumayan lah, sementara pasaknya terpaksa diganti pakai kayu. Abis pas dicoba pakai besi muncul karatnya, padahal udah dicoba dilapisi pakai cat loh.

Ya ya ya. Lagi-lagi karena masih proses trial and error mesti nyoba2 banyak hal. Hasil kali ini lumayan banget oq.

Lagian dimana sih yang bisa buat alat musik pukul kayak ginian yang lebih bagus?

Uh iya. Kalau sempet maen ke Raga Art Shop, tempatnya ada di komplek Joglo Seni Sri Wedari Solo (Mas Galih aku promosi ki..... Heheheh...).

Disitu banyak alat musik 'aneh' dan langka yang bisa jadi belum pernah kita lihat langsung pake mata kepala sendiri. Aku aja kelakon megang sakuhachi disitu heheheh.

1 komentar:

  1. waaah, sama ^0^ ...
    kita juga lagi experimen bikin taiko sendiri..
    tapi bikinnya di bandung

    ganbatte yaawh

    BalasHapus